Sabtu, 21 Juni 2014

Sturmgeschütz

Sturmgeschütz



SPESIFIKASI

Negara Asal :
Nazi Jerman
Jenis :
Penghancur tank menengah dan Senjata Serbu
Tahun Pelayanan :
1940 - 1945 ( Pelayanan dalam Angkatan Darat Jerman )
Digunakan :
Jerman,Finlandia,Rumania,Bulgaria,Swedia,Turki,Italia,Suriah,Komunis Yugoslavia,Uni Soviet ( Hasil rampasan dari berbagai pertempuran melawan Jerman )
Perancang :
Daimler-AG
Tahun dirancang :
1935
Pabrikan :
Daimler-AG
Unit Biaya :
82.500 Reichsmark
Jumlah yang dibuat :
11.300 buah termasuk dengan Stuh 42
Berat :
23,9 Ton
Panjang :
6,85 Meter
Lebar : 2,95 Meter
Tinggi :
2,16 Meter
Kru :
4 Orang
Ketebalan Baja :
16-80mm
Persenjataan Utama :
1x 7,5 cm stuk 40 L/48

Persenjataan Sekunder : Senapan Mesin MG 34
Mesin : Maybach HL 120 TRM V-12 menggunakan Bensin
Jarak Operasional : 155 Km
Kecepatan : 40 km/Jam


Sturmgeschütz (atau stug) yang berarti " senapan serbu "adalah  kendaraan lapis baja yang digunakan oleh Jerman Wehrmacht ( Angkatan Darat ) selama Perang Dunia Kedua yang terutama terdiri dari stug III dan IV stug . Yang paling umum dari keduanya adalah stug III, dibangun di atas sasis Panzer III .stug III awalnya dinamakan sebagai "stug" tetapi dengan penciptaan stug IV nama itu kembali digunakan tetapi dinamakan ''stug III" untuk membedakan keduanya. Awalnya mereka dimaksudkan sebagai platform senjata lapis baja yang bisa bergerak dan fleksibel, menyediakan dukungan dengan infanteri untuk menghancurkan bunker, kotak perlindungan dan posisi tertanam lainnya. Ketika perang berlangsung sejumlah aspek dari seri stug membuat mereka dihargai bagi pasukan panzer Jerman.Ide awal pembuatan StuG III berasal dari proposal Jenderal Erich von Mannstein yang diajukan kepada Jenderal Beck tahun 1935. Mannstein menginginkan sebuah model Artileri Serbu (Sturmartillerie) yang dapat digunakan sebagai unit pendukung bergerak terhadap divisi infantri.

Setahun kemudian Daimler Benz AG menerima perintah untuk membuat kendaraan infantri lapis baja yang dapat membawa meriam 75 mm. Meriam tersebut harus mempunyai batasan putaran sebesar 25 derajat dan dapat dipasang dalam kerangka tertutup untuk melindungi para awaknya. Tinggi kendaraan juga tidak lebih dari tinggi orang biasa.
Produksi pertama menggunakan rangka PzKpfw III Ausf F pada tahun 1940 dengan ketebalan baja bervariasi antara 30 mm hingga 50 mm. Berat total kendaraan ini adalah 19,6 ton dengan 4 awak. StuG III menggunakan mesin Maybach HL120 TR12 silinder dengan 300 tenaga kuda. Kecepatan yang bisa didapat adalah 40 km/jam dengan daya jelajah maksimal di jalan raya sejauh 160 km. Persenjataan untuk seri A adalah meriam StuK 37 L/24 75 mm dengan kapasitas peluru 44 buah.
Sepanjang bulan Januari hingga Mei 1940 telah diproduksi 30 buah StuG III. Sebanyak 24 buah pertama melengkapi Sturmartillerie Batteries 640, 659, 660 dan 665 serta melihat aksi pertamanya dalam invasi menuju Prancis. Setiap baterai menurut skema organisasi memiliki 6 senjata serbu ini yang terbagi dalam tiga peleton. Enam sisanya ke-mudian diberikan kepada satuan Sturmartilierie divisi Leibstandarte Adolf Hitler.

Perlu dicatat bahwa senjata serbu seperti StuG secara teknis tidak dikategorikan sebagai panser melainkan sebagai artileri bergerak. Akan tetapi secara taktis fungsi StuG lama-kelamaan mirip dengan panser, terlebih biaya produksinya jauh lebih murah karena tidak butuhkan tingkap menara yang bisa berputar. StuG bukan saja bisa menjadi senjata meriam bergerak anti-infantri tetapi juga artileri bahkan anti-tank. Pihak lawan sendiri secara psikologis juga menganggap StuG sama dengan 'tank Jerman' lainnya.


Varian

  • Stug III prototipe (1937, 5 diproduksi pada Panzer III Ausf chassis B.)dibuat pada Desember 1937 dua kendaraan yang dalam pelayanan dengan Panzer Regiment 1 di Erfurt. Kendaraan ini memiliki delapan roda jalan per sisi dengan 360 milimeter trek rantai lebar, 14,5 mm tebal suprastruktur baja lunak dan senjata L/24 7,5 cm stuk 37 . Meskipun tidak cocok untuk pertempuran, mereka digunakan untuk tujuan pelatihan hingga akhir 1941.
  • Stug III Ausf. A (Sd.Kfz 142, Januari 1940-Mei 1940, 30 +6 diproduksi oleh. Daimler-Benz AG )Pertama kali digunakan dalam Pertempuran Perancis tahun 1940,stug III Ausf. A menggunakan 5./ZW chassis yang dimodifikasi dari Panzer III Ausf. F dengan baja depan yang diperkuat hingga 50 mm. Keenam kendaraan terakhir yang dibangun di atas chassis dialihkan dari Panzer III Ausf. Produksi G.
  • Stug III Ausf. B: (Sd.Kfz 142, Juni 1940-Mei 1941, 300 diproduksi oleh Alkett)dengan trek  rantai yang lebar hingga 380 mm. Dua ban karet pada setiap roda yang sesuai melebar dari 520x79mm untuk 520x95mm masing-masing. Kedua jenis roda yang dipertukarkan. Transmisi  diubah menjadi 6.Di tengah produksi Ausf. Model B.
  • Stug III Ausf. C: (Sd.Kfz 142, April 1941, 50 diproduksi) dengan  pandangan visor di bagian pengemudi adalah perangkap tembakan dan dengan demikian dihilangkan; sebagai gantinya,  diberi lubang untuk periskop penembak. Idler roda didesain ulang.
  • Stug III Ausf. D: (Sd.Kfz 142, Mei-September 1941, 150 diproduksi) perpanjangan kontrak pada Ausf. C.
  • Stug III Ausf. E: (Sd.Kfz 142, September 1941-Februari 1942, 284 diproduksi) sisi Suprastruktur menambahkan kotak lapis baja persegi panjang untuk peralatan radio. Peningkatan ruang untuk enam putaran tambahan amunisi untuk meriam utama (maksimum 50 peluru ) ditambah senapan mesin. Satu MG 34 dan 7-jenis drum magazine dilakukan di sisi belakang kanan kompartemen pertempuran untuk melindungi kendaraan dari infanteri musuh. Komandan STUG secara resmi disediakan periskop gunting SF14Z stereoscopic.Jenis periskop gunting  Stereoscopic untuk artileri mungkin telah digunakan oleh komandan kendaraan dari awal.
  • Stug III Ausf. F: (Sd.Kfz 142/1, Maret-September 1942, 366 diproduksi) , versi ini menggunakan laras senjata yang lebih panjang yaitu 7,5 cm stuk 40 L/43 . menggunakan peluru armor-piercing Panzergranat-Patrone 39, stuk 40 L/43 bisa menembus ketebalan baja hingga 91 mm baja atau 30 derajat dari vertikal dari 500 m, 82 mm pada 1.000 m, 72 mm pada 1.500 m, 63 mm pada 2.000 m, yang memungkinkan Ausf. F untuk menghancurkan sebagian besar kendaraan lapis baja Soviet pada rentang tempur normal. Perubahan ini menandai stug lebih dari sebuah perusak tank daripada dukungan kendaraan infanteri. pendingin laras senjata ditambahkan  untuk terus mendinginkan laras dan lebih memungkinkan penembakan. Tambahan 30 mm pelat baja yang dilas ke baja frontal 50 mm dari bulan Juni 1942, membuat tebal baja frontal 80 mm lebih tebal. Dari bulan Juni 1942, Ausf. F yang dipasang dengan sekitar 13 inci (334 mm tepatnya) lagi 7,5 cm stuk 40 L/48. 
  • Stug III Ausf. F / 8: (Sd.Kfz 142/1, September-Desember 1942, 250 diproduksi) Pengenalan desain lambung yang ditingkatkan mirip dengan yang digunakan pada Panzer III Ausf. J / L dengan peningkatan armor belakang. Ini adalah versi ke-8 dari Panzer III di bagian lambung, sehingga sebutan "F / 8."Dari Oktober 1942, pelat tebal 30 mm dari baja tambahan ditambahkan untuk mempercepat jalur produksi. Dari F / 8, 7,5 cm stuk 40 L/48 adalah standar sampai yang terakhir dari Ausf. G. Karena kurangnya rem baffle, beberapa senjata L/48 dipasang pada F / 8 yang dilengkapi dengan tipe satu bola moncong rem yang biasa ditemukan di Panzer IV Ausf. F2 / G.
  • Stug III Ausf. G (Sd.Kfz 142/1, Desember 1942 - April 1945, ~ 8423 diproduksi, 142 dibangun di atas Panzer III Ausf M chassis, 173 dikonversi dari Panzer III..): seri terakhir dan yang paling umum dari seri stug. Suprastruktur atas diperlebar: kotak dilas pada kedua sisi ditinggalkan.Dari Maret 1943, periskop pengemudi dihilangkan. Pada Februari 1943 Alkett bergabung dengan MiaG sebagai produsen kedua. Dari Mei 1943,baja lambung tambahan(schurzen) yang dipasang untuk model G digunakan untuk menambahkan proteksi lapis baja, khususnya terhadap senapan anti-tank Rusia, tetapi juga berguna melawan amunisi hollow-charge .untuk semua StuG yang berada di garis depan dan tank lainnya pada bulan Juni 1943 di persiapkan untuk pertempuran Kursk . baja tambahan yang dipasang terbukti tidak memadai, banyak Stug yang hancur pada saat pertempuran.selanjutnya jenis ini tetap terus diproduksi hingga akhir perang tetapi baja tambahan dihilangkan karena terlalu berat dan lambat bagi model jenis ini.
    LAMPIRAN GAMBAR
Stug III Ausf G.di Perancis Tahun 1944.
Stug III Ausf  F bersama dengan para krunya.di Uni Soviet pada bulan Maret 1943.
Diagram dari berbagai Jenis Stug yang pernah diproduksi.
Stug III G yang terbakar di bagian utara Perancis pada bulan Juni 1944 dengan seorang pasukan Amerika yang mendekat untuk menolong para krunya yang masih terjebak didalamnya.
Stug III dari sekolah Oarai dalam serial anime Jepang Girls Und Panzer
Stug iii dalam game online World of Tanks


Tidak ada komentar:

Posting Komentar